Telp : +623199682814, +6282143507979

How Does It Work?

Berikut sedikit informasi dan pengertian dari Panel Surya. Sebenarnya Panel Surya terdiri dari 2 bagian yang kebanyakan orang sedikit bingung dalam pengucapannya. 2 Bagian tersebut yaitu Panel Surya itu sendiri dan juga Solar cell yang merupakan bagian dari Panel surya.

Panel Surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau “solar” karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic yang dapat diartikan sebagai “cahaya-listrik”.

Sedangkan pengertian Solar Cell (Sel Surya) adalah suatu perangkat yang mampu mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan mengikuti prinsip fotovoltaik, yaitu adanya energi foton pada panjang gelombang tertentu akan mengeksitasi sebagian elektron pada suatu material ke pita energi yang lebih luar.

Jadi disini bisa kita pahami bahwa Panel Surya adalah satu kesatuan unit yang terdiri dari beberapa Solar Cell dan Solar cell adalah bagian dari Panel Surya. Semoga Informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan sedikit menambah ilmu bagi customer setia kami.

how solar panel works

Informasi berikut nya adalah bagaimana cara kerja dari Panel Surya sehingga bisa memproduksi Listrik sendiri yang sebenarnya cara kerja dari panel surya ini cukup mudah, yaitu sebagai berikut :

Panel Surya Menghasilkan listrik dengan Mengubah Panas Matahari Menjadi sel listrik dengan Photovoltaik. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan secara langsung ( Arus DC ) yang bisa langsung digunakan untuk Lampu, Pengairan ( pompa air ), radio, TV dll

Listrik yang dihasilkan bisa juga disinkronkan dengan listrik konvensional yang bisa kita gunakan selama ini dengan menggunakan Inverter. Penggunaan baterai bisa dipakai untuk menyimpan daya listrik yang dihasilkan untuk sore dan malam hari tetapi tidak disarankan karena tidak optimal dan efisien serta tidak begitu ekonomis.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Panel Surya ini yang mungkin bisa menjadi informasi yang bermanfaat, yaitu :

  • Pastikan Panel Surya yang akan dipasang tidak terhalang benda apapun atau yang biasa kami sebut shading (halangan tersebut yang biasanya yang kami alami pada saat pemasangan, semisal Pohon, bangunan rumah tetangga yang lebih tinggi, Gedung Pencakar langit)
  • Pastikan Kabel Tersambung dengan baik dan dipasang serta dilindungi keamanannya secara standar keamanan yang telah disarankan. Karena tegangan listrik yang dihasilkan cukup besar dan cepat berubah. kalau bisa diberikan tanda peringatan didekat sistem.
  • Gunakan Produk yang berkualitas, tercantum garansi dan maintenance untuk kerusakan yang jelas dan handal jangan terpancing dengan harga murah saja.
  • Selalu konsultasikan secara cermat, detail dan jelas kepada tenaga profesional ( seperti kami ) untuk info yang lengkap dan terupdate. jadilah konsumen cerdas untuk bisnis yang profesional.
× Butuh Bantuan?