Telp: 03199682814, Call & WA 082143507979, 08113287979

F.A.Q.

Berikut ini adalah pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh customer kami dan beberapa data yang kami butuhkan untuk perhitungan sistem kami.

Sistem Pompa Air Tenaga Surya (Solar Water Pump)

1.) Data apa saja yang harus kami ketahui untuk bisa membuat pompa air tenaga surya di daerah kami?

Answer: Kami mempunyai form yang biasanya kami tanyakan lebih dahulu, yaitu untuk yang pertama adalah Lokasi, karena kami harus mengetahui lokasi kota/desa/daerah yang akan dipasang karena kita ingin melihat intensitas cahaya matahari di lokasi tersebut. Serta info dilapangan apakah lokasi tersebut berada dtanah lapang atau daerah yang ribun dengan pepohonan.

yang kedua adalah Total Dinamic Head, Untuk mengukur Beda Tinggi ( elevasi ) yang dimulai dari ujung atas sumber mata air ( sumur ) sampai dengan bak penampungan. Yang kita fokuskan disini adalah tinggi bak penampung dari permukaan air, bukan jarak sumur ke reservoar / tandon.

Dan Yang ketiga adalah kebutuhan air dalam satu wilayah yang membutuhkan air bersih tesebut. Hal ini dapat dihitung dari Jumlah Keluarga ( KK ) yang dikalikan dengan anggota dirumah. sebagai contoh adalah sebagai berikut : 1 wilayah mempunyai 100 KK dengan asumsi rata – rata 1 KK terdiri dari 5 orang anggota keluarga. kebutuhan orang persatu hari adalah : 60 liter perhari jadi totalnya 300 liter per rumah x 100 ( jumlah KK ) = 30.000 liter perhari atau 30 meterkubik perhari.

Sehingga 1 wilayah tersebut membutuhkan air minimal 30 meterkubik selama 1 hari.

2.) Apabila terjadi mendung atau hujan apakah solar panel masih dapat bekerja? dan kebutuhan air per harinya gmana kalau pada waktu pagi sampai sore terjadi hujan terus ?

Answer: Pertanyaan ini akan kami jelaskan sebagai berikut, yang pertama Solar panel masih bisa bekerja tetapi tidak optimal karena cahaya yang didapat juga sedikit dan tidak maksimal. Lain halnya kalau hujan yang terjadi disertai dengan awan yang cukup gelap dan merata, maka bisa dipastikan kalau solar panel tersebut akan berhenti bekerja.

Untuk kebutuhan air supaya bisa tercukupi dengan keadaan apapun maka kita sangat sarankan untuk membuat Bak tandon/ reservoal yang terbuka. Karena ini juga bisa dipakai untuk menampung air apabila terjadi hujan. sehingga kebutuhan air masih bisa tercukupi.

× Butuh Bantuan?